Use case adalahgambaran fungsionalitas dari suatu sistem, sehingga customer atau pengguna sistem paham dan mengerti mengenai kegunaan sistem yang akan dibangun.
>> Cara menentukan Use Case dalam suatu system :
a. Pola perilaku perangkat lunak aplikasi
b. Gambaran tugas dari sebuah actor
c. Sistem atau �benda� yang memberikan sesuatu yang bernilai kepada actor
d. Apa yang dikerjakan oleh suatu perangkat lunak (*bukan bagaimana cara mengerjakannya)
>> Relasi dalam Use Case. Ada beberapa relasi yang terdapat pada use case diagram :
1. Association, menghubungkan link antar element.
2. Generalization, disebut juga inheritance (pewarisan), sebuah elemen dapat merupakan spesialisasi dari elemen lainnya.
3. Dependency, sebuah element bergantung dalam beberapa cara ke element lainnya.
4. Aggregation, bentuk assosiation dimana sebuah elemen berisi elemen lainnya.
Tipe relasi/ stereotype yang mungkin terjadi pada use case diagram :
1. <<include>> , yaitu kelakuan yang harus terpenuhi agar sebuah event dapat terjadi, dimana pada kondisi ini sebuah use case adalah bagian dari use case lainnya.
2. <<extends>>, kelakuan yang hanya berjalan di bawah kondisi tertentu seperti menggerakkan alarm.
3. <<communicates>>, mungkin ditambahkan untuk asosiasi yang menunjukkan asosiasinya adalah communicates association . Ini merupakan pilihan selama asosiasi hanya tipe relationship yang dibolehkan antara actor dan use case.
Dan Berikut adalah contoh use case diagram mesin ATM dari star uml :
Penjelasan :
- Nasabah masuk pada ruangan ATM dan melakukan transaksi namun sebelumnya harus menggunakan kartu ATM dan Menginputkan no PIN
- Sytem ATM akan melakukan autentifikasi kebenaran ATM dan no PIN yang di inputkan
- Nasbah melakukan kegiatan memilih menu yang sudah di sediakan pada mesin ATM
- Setelah melakukan pemilihan transaksi maka secara otomatis mesin ATM akan melakukan pengecekan dan penyimpanan transaksi yang dilakukan oleh nasabah dan mencetak pada fingerprint yang sudah tersedia pada mesin ATM dan melakukan action OUT-PUT sesuai dengan yang dilakukan nasabah.
>> Di bawah ini adalah beberapa penjelasan mengenai Proses yang diakses oleh nasabah :
- Transaksi (withdraw Money)
Nasabah memasukkan jumlah uang tunai yang ingin diambil. Kemudian ATM melakukan validasi dengan sistem bank. Jika respons dari sistem bank OK, maka ATM akan mengeluarkan uang tunai. Setiap transaksi direkam dalam Log Transaksi.
- Transaksi (Deposit Money)
Nasabah memasukkan jumlah uang yang ingin di-deposit ke rekening bank, baik berupa penyimpanan atau mentransfer uang ke no rekening lain. Kemudian ATM melakukan validasi dengan sistem bank. Jika respons dari sistem bank OK, maka ATM akan mengizinkan nasabah untuk memasukkan uang tunai atau cek. Setiap transaksi direkam dalam Log Transaksi.
- Pengecekan Saldo (Check Balance)
ATM melakukan request saldo kepada sistem bank. Kemudian ATM mencetak sebuah struk yang berisi informasi saldo nasabah. Setiap transaksi direkam dalam Log Transaksi.
>> Dan di bawah ini adalah bentuk class-diagram mesin ATM dari star uml :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar