Senin, 16 September 2013

Cara install aplikasi Dapodik 2013 di Linux atau Ubuntu


Kali ini localtechno ingin berbagi dengan anda seputar tips installasi aplikasi Dapodik 2013 versi beta pada linux atau ubuntu, kebanyakan orang menggunakan sistem operasi windows dan melakukan berbagai installasi dengan mudah dan cepat, namun kali ini localtechno juga ingin membuktikan installasi aplikasi windows di linux yang tidak kalah mudah dan cepat pula.

Baiklah tidak perlu berbasa-basi lagi mari kita simak bersama-sama :

Pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan installasi wine yang berguna untuk menjalankan aplikasi windows pada linux.

Buka terminal linux anda dan ketik " sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade " kemudian ketik " sudo apt-get install wine " tanpa tanda petik, setelah itu ketik pasword linux anda dan tekan enter.

Setelah proses installasi wine selesai sekarang saatnya anda melakuakan installasi aplikasi dapodiknya. klik setup.exe dan klik lanjut lihat gambar di bawah ini :








# Setelah selesai melakukan installasi aplikasi dapodiknya maka akan secara otomatis keluar seperti gambar di bawah ini dan pilih saja mozila firefox kemudian klik ok :


# Dan akan  terbuka pada web browser anda di localhost:8080 " artinya di localhost kita dan pada port 8080 jika di windows akan secara default pada port 80.


# Lakukan registrasi dan login serta melakukan aktifitas pengisian data pada aplikasi tersebut, jika anda ingin membuka kembali aplikasi dapodik, anda hanya perlu mengetik localhost:8080 pada web browser anda.

Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mampir......  : )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar